Breaking News
Loading...
Sabtu, Desember 06, 2014

Info Post

Jakarta - Mau tahu negara mana yang paling bersih korupsi? Bukan di negara di Timur Tengah, di Asia Tenggara, atau negara di benua Amerika. Tapi sebuah negara bernama Denmark.


Dalam data yang dikeluarkan Transparency International, seperti dikutip detikcom, Kamis (4/12/2014) Denmark memiliki Indeks Persepsi Korupsi (IPK) 92. Denmark menjadi negara nomor satu yang bersih dari korupsi. 

Mulai dari urusan pelayanan publik hingga urusan perizinan di negara ini bebas pungli. Indeks korupsi diukur diantaranya lewat dua hal tersebut. Di bawah Denmark menyusul negara tetangga New Zealand yang memiliki indeks persepsi korupsi 91, kemudian selanjutnya Finlandia di angka 89.

Lalu di mana peringkat Indonesia yang katanya salah satu negara demokrasi terbesar, dan masyarakatnya cerewet di media sosial?

Oh, Indonesia ada di peringkat 109 dengan indeks korupsi 34. Posisi Indonesia masih di bawah sejumlah negara di ASEAN, misalnya saja Singapura di posisi ke 7, Malaysia 51, dan Filipina 91.


Tapi sedikit berlega hati, posisi Indonesia ini lebih baik dari tahun sebelumnya di 2013, Indonesia berada di peringkat 114 dengan indeks korupsi 32. Apakah kita boleh berbangga? Silakan saja, tapi kalau melihat Denmark dengan indeks korupsi 92, Indonesia masih jauh tertinggal.

Perlu usaha keras memperbaiki indeks korupsi ini. Tak hanya kerja pemerintah saja, kerja parlemen di DPR, kerja masyarakat juga diperlukan. Semua bekerja untuk kemakuran rakyat. Misalnya saja, para aparatur sipil negara harus ikhlas melayani tak boleh meminta pungli walau satu rupiah pun.

Kemudian, uang negara benar-benar digunakan untuk kemakmuran rakyat bukan buat bancakan segelintir oknum-oknum yang ingin kaya raya. Bila itu dilakukan, Indonesia pasti bisa mengejar Denmark. Bisa! | Detik


_____

LIKE and SHARE

.......... BACA SELANJUTNYA