Breaking News
Loading...
Senin, Juni 16, 2014

Info Post

Capres Prabowo Subianto mengaku tidak tahu kepanjangan dari TPID (Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah). Akibatnya, Prabowo mendapat 'hujan' kritik dari lawan politiknya.

Namun pandangan berbeda diungkapkan oleh Pengamat Ekonomi Politik dari ITB Bobby Maengkom. Menurut dia, pertanyaan yang diajukan oleh Jokowi tentang TPID menunjukkan strategi yang lemah.

"Di segmen ini, pertanyaan Jokowi soal singkatan menunjukkan strategi lemah para tim penasihat debatnya," ujar Bobby kepada merdeka.com, Senin (16/6).
Dia menyayangkan debat capres tentang kebijakan ekonomi makro dibawa ke level tebak-tebakan singkatan. Namun, dia menilai Prabowo gentlemen mengakui bahwa tidak tahu apa kepanjangan TPID itu.

"Debat soal makro kebijakan ekonomi negara dibawa ke level tebak-tebakan singkatan, yang walau secara gentleman disadari Prabowo bahwa dia tidak mengerti semua arti harfiah bahasa singkatan," lanjut dia.

Pertanyaans Jokowi ini ternyata sempat membuat bingung Prabowo karena tidak tahu singkatan TPID. Kemudian Prabowo menanyakan kembali apa kepanjangan dari TPID. Lantas Jokowi menjelaskan jika TPID adalah Tim Pengendalian Inflasi Daerah," ujar Jokowi menjawab pertanyaan Prabowo.


Ternyata Jokowi pun tidak begitu paham soal TPID. Jokowi tanya TPID, tetapi salah juga.

Berdasarkan situs resmi Bank Indonesia bi.go.id  TPID singkatan dari Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah.


Bobby menambahkan, debat kedua yang digelar KPU semalam menunjukkan kelas kedua kubu capres. Menurut dia, Jokowi bercorak pemimpin daerah sementara Prabowo terlihat sebagai pemimpin negara.

"Yang kedua, jawaban Jokowi banyak berlevel corak pemimpin daerah berbeda dengan jawaban Prabowo yang lebih bercita rasa kenegaraan," pungkasnya.

Diketahui, Saat diberikan kesempatan untuk menanyakan kepada Capres Prabowo Subianto, Capres Joko Widodo (Jokowi) menanyakan tentang bagaimana meningkatkan peran TPID di daerah. Pertanyaan Jokowi ini ternyata sempat membuat bingung Prabowo karena tidak tahu singkatan TPID.

"Singkatan TPID itu apa?" tanya Prabowo saat debat capres di Hotel Gran Melia Jakarta, Minggu (15/6).

Jokowi lantas menjelaskan singkatan TPID. "TPID adalah Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah," kata Jokowi.

Prabowo kemudian mengakui tidak hafal semua singkatan. "Saya tidak menguasai setiap singkatan," ujarnya.
[merdeka/inilahcom/tribunnews]

_____

LIKE and SHARE

.......... BACA SELANJUTNYA